Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kreasi Sepatu Bayi

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Sepatu Bayi Lucu. Berikut ini tutorial membuat kreasi kain flanel sepatu bayi.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kreasi Kain Flanel Unik


Ada banyak sekali kreasi kain flanel unik yang bisa kita buat sendiri tanpa harus membelinya. dan hasil kerajinan tangan dari kain flanel yang telah kita buatpun bisa kita manfaatkan sendiri misalnya untuk hiasan rumah dan lain sebagainya. Dan pada artikel kali ini seperti halnya artikel mengenai kain flanel lainnya, kita juga akan berbagi cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel - Kreasi Kain Flanel Sepatu Bayi


Dari sekian banyak macam kreasi kain flanel yang bisa dibuat, salah satunya adalah perlengkapan untuk bayi. Nah kali ini kita akan bersama-sama membuat salah satu perlengkapan bayi khususnya pakaian bayi yaitu sepatu bayi. Dan tentu saja sepatu bayi yang akan kita buat sekarang dengan memakai bahan utama kain flanel.

Untuk membuatnya tidak terlalu sulit, dan sebelum memulainya anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat terlebih dahulu. Alat dan bahan yang akan dipakai diantaranya adalah kain flanel, kain pelapis, tali atau pita, jarum, dan benang jahit. Oh iya jangan lupa juga untuk menyiapkan kertas karton atau kertas koran bekas utuk menggambar pola.



Tutorial Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Sepatu Bayi Lucu


Baiklah langsung saja berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa sepatu bayi mungil dan lucu:


Yang pertama sebelum memulai, silahkan anda siapkan bahan-bahan yang akan dipakai seperti yang telah disebutkan di atas.

Kemudian langkah pertama adalah membuat pola seperti gambar di atas. Buatlah pola berupa gambar pada selembar kertas karton atau kertas koran bekas. Untuk ukuran bisa menyesuaikan, buatlah ukuran pola sesuai dengan ukuran sepatu bayi yang ingin anda buat. Jika anda membuat sepatu ini untuk anak bayi anda, mungkin anda bisa menggunakan ukuran kakinya.


Setelah pola dibuat pada selembar kertas, langkah selanjutnya adalah menjiplak pola tersebut pada selembar kain flanel. Setelah itu potonglah pola pada kain flanel tersebut. Untuk wanra dan jenis kain flanel yang dipakai silahkan sesuaikan dengan keinginana anda sendiri. Anda bisa juga menggunakan warna yang lain.


Untuk hasil sepatu yang lebih tebal dan lebih bagus, anda bisa menggunakan kain pelapis untuk bagian luarnya. Tetapi ini juga merupakan pilihan, anda boleh menggunakan kain pelapis atau tidak. Untuk jenis kain pelapisnya juga sekali lagi silahkan pilih sesuai dengan selera anda sendiri.

Potonglah kain pelapis sepatu persis seperti potongan pola kain flanel. Jadi masing-masing bentuk pola akan memiliki 2 potong kain yang berbeda.


Langkah selanjutnya adalah menyatukan masing-masing pasangan kain. Satukan dan jahit semua pasang kain flanel dan kain pelapisnya. Untuk lebih mempermudah dan agar lebih rapi hasilnya, satukan dengan menggunakan bantuan jarum pentul dahulu sebelum dijahit.


Jangan lupa pasangkan seutas tali pita pada bagian belakang sepatu. Untuk memasang tali pita, bisa dengan cara dimasukkan ke bagian dalam antara kain flanel dan kain pelapis, dengan cara membuat sebuah lubang kecil pada masing-masing ujung bagian atas kain.


Jika tali pita sudah terpasang, sekarang saatnya menyatukan semua potongan bahan. Sekali lagi untuk mempermudah, gunakan jarum pentul terlebih dahulu untuk menyatukan sebelum dijahit agar rapi.


Langkah terakhir adalah menjahit semua bahan secara menyeluruh. jahitlah serapi mungkin. Jika anda senang, anda juga boleh menambahkan beberapa asesoris lain untuk mempercantik tampilan sepatu bayi anda.


Nah, sepayu bayi mungil lucu dan unik sudah jadi dan siap dipakai si kecil. Anda juga masih bisa berkreasi dengan membuat sepatu bayi dengan warna yang berbeda dan variasi yang berbeda pula.


Itulah sedikit tips tutorial cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel, semoga ide kreasi kain flanel sepatu bayi lucu di atas bermanfaat.

sumber: usefuldiy.com

No comments:

Custom Search