Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas. Botol bekas bisa kita temukan di sekeliling kita. Di rumah andapun saya yakin anda banyak menyimpannya.

Ada yang memakainya sebagai tempat air minum di dalam kulkas. Ada pula yang memakainya sebagai wadah lainnya.

Biasanya kebanyakan dari kita hanya akan membuangnya begitu saja di tempat sampah. Atau menjualnya kepada para pengumpul barang bekas dan mendapatkan sedikit uang dari sana.

Tidak banyak orang yang mempunyai pikiran akan menggunakan botol bekas air mineral ini sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan dari botol bekas.


Kerajinan tangan dari botol bekas, menyulap botol plastik menjadi lampu hias



Bagi anda yang tidak mau membuang botol bekas air mineral begitu saja, anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan membuat aneka kerajinan tangan. Banyak sekali jenis kerajinan botol bekas air mineral yang bisa anda buat. Bisa berupa wadah, pot bunga, aneka mainan anak, dan lain sebagainya.

Salah satu yang akan kita buat kali ini adalah berupa lampu hias. Lampu hias dari botol bekas ini nantinya bisa anda letakkan di kamar tidur anda, ataupun di ruangan lainnya untuk lebih memperindah tampilan hunian keluarga anda.

Untuk membuat kerajinan tangan ini tidaklah sulit. Bahan yang dibutuhkanpun sederhana dan mudah didapat. Sebagai bahan utama kerajinan tangan dari botol ini adalah botol plastik bekas air mineral. Kita menggunakan botol plastik dengan pertimbangan akan lebih mudah untuk dipotong dan dibentik, selain itu juga lebih murah dan lebih mudah didapat.

Baiklah tidak perlu panjang lebar lagi, sekarang mari kita mulai saja belajar proses pembuatan kerajinan tangan dari botol bekas air mineral berupa lampu hias ini.


Kerajinan tangan dari botol bekas, bahan membuat lampu hias


Kerajinan tangan dari botol bekas, alat dan bahan yang diperlukan kali ini yaitu :

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral
Lampu Hias dari Sendok Plastik
  • Botol bekas air mineral. Untuk membuat kerajinan dari botol bekas air mineral ini kita bisa menggunakan botol bekas air mineral dengan ukuran apa saja. Mungkin akan lebih baik menggunakan botol bekas air mineral berukuran besar. Kalau ada gunakanlah yang berbentuk agak bulat. Bisa juga diganti dengan botol plastik bekas yang lain, tidak harus botol bekas air mineral. Misalnya botol bekas minuman jus yang berukuran besar, yang banyak dijual di supermarket. Yang penting mempunyai bentuk yang agak unik.
  • Sendok plastik secukupnya (kita perlu agak banyak). Sendok plastik yang akan kita gunakan untuk membuat kerajinan tangan dari botol kali ini adalah jenis sendok plastik makanan yang berukuran kecil dengan warna putih. Sendok plastik ini bisa kita peroleh di toko-toko yang menjual plastik dan bahan membuat roti. Bentuknya ada bermacam-macam, akan lebih mudah bila menggunakan sendok plastik lipat.
  • Set lampu. Kita perlu sebuah neon lengkap dengan piting (rumah lampu) beserta kabel dan colokan atau sakelar. Jenis lampunya bisa menggunakan jenis lampu yang berwarna untuk mendapatkan efek warna yang lebih bagus.
  • Lem tembak.
  • Cutter/gunting.


Kerajinan tangan dari botol bekas dan cara pembuatannya


Kerajinan tangan dari botol bekas, proses pembuatannya :

  1. Siapkan sendok plastik dengan jumlah secukupnya. Mungkin anda akan membutuhkan beberapa pak sendok plastik.
  2. Potonglah semua sendok plastik pada bagian pangkal tangkainya. Yang akan kita pakai hanyalah sendok bagian cekung. Bila menggunakan jenis sendok plastik lipat, kita tinggal melepaskan sambungannya saja.
  3. Potong/lubangi bagian bawah (dasar) botol membentuk lingkaran. Ukuran lubang disesuaikan dengan besar lampu. Lubang ini nantinya akan digunakan untuk memasukkan dan mengganti lampu.
  4. Tempelkan potongan-potongan sendok melingkar mengelilingi botol plastik dengan lem. Dimulai dari bagian bawah botol, melingkar. Lalu dilanjutkan di atasnya melingkar, dan begitu seterusnya (lihat gambar) sampai seluruh permukaan botol tertutup sendok, dan hanya menyisakan mulut botol saja.
  5. Buatlah 1 buah rangkaian potongan sendok melingkar menyerupai gelang dengan menggunakan lem, dengan ukuran menyesuaikan.
  6. Tempelkan rangkain sendok menyerupai gelang ini pada botol bagian atas. Jadi akan menutup dan menyamarkan mulut botol yang masih terlihat.
  7. Masukkan rumah lampu berserta kabelnya dari bawah botol, dan pasang lampunya.
  8. Bila menginginkan warna lain, bisa dengan memakai jenis lampu yg berwarna.
  9. Kerajinan tangan dari botol bekaspun sudah jadi dan siap digunakan.

Berikut ini gambar cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas berupa lampu gantung unik :

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral, Lampu Gantung Unik 1

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral, Lampu Gantung Unik 2

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral, Lampu Gantung Unik 3

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral, Lampu Gantung Unik 4

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral, Lampu Gantung Unik 5

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral, Lampu Gantung Unik 6


**Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah


Nah jadilah sebuah kerajinan tangan dari botol bekas yaitu lampu hias. Sekarang anda tinggal memasang di ruangan manapun anda suka. Indah bukan? Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas inipun tidaklah sulit, selamat mencoba.

1 comment:

Custom Search