Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar

Kerajinan tangan dari sedotan berbentuk bunga adalah salah satu jenis kerajinan tangan dari sedotan yang sangat mudah pembuatannya.

Bagi para Ibu atau wanita pada umumnya, biasanya sangat menyukai yang namanya bunga. Bermacam-macam bunga, seperti mawar, melati, anggrek, tulip, dan lain-lain.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Membuat Bunga Dari Sedotan


Memang yang namanya bunga tidak pernah bisa lepas dari kehidupan para wanita dari segala aspek. Ya, wanita dan feminimisme sangat lekat dengan bunga. Mungkin sampai ada juga yang punya anggapan bahwa seorang wanita yang tidak menyukai bunga akan dianggap aneh atau tomboy.

Walupun pada faktanya, banyak juga wanita yang tidak menyukai bunga, karena bermacam alasan. Namun tidak bisa dipungkiri, wanita sangat identik dengan bunga. Nah kali ini kita akan mencoba memanfaatkan sedotan untuk membuat kerajinan tangan dari sedotan yang berwujud bunga. Berbagai macam bunga bisa kita buat berdasarkan bahan dari sedotan ini.


Ada yang belum pernah melihat sedotan? Wah itu kebangetan namanya. Sedotan sangat mudah kita jumpai dimanapun, seperti di warung makan, di toserba, di pasar, atau di toko plastik.

Sedotan biasanya berbahan dasar plastik. Maka dari itu sedotan ini sangat mudah untuk dimanfaatkan untuk keperluan lain, terutama untuk membuat kerajinan tangan dari sedotan. Ini karena sifat dasarnya yang sangat lentur, tipis, mudah dipotong, mudah dibentuk, dan warnanya juga bervariasi.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Aneka Kerajinan


Kerajinan Tangan dari Sedotan
Kerajinan Tangan dari Sedotan
Sebenarnya banyak sekali aneka kerajinan tangan dari sedotan yang bisa dibuat selain bunga. Tapi kita bahas itu di artikel yang lain ya. Sekarang kita belajar membuat bunga dahulu saja dari sedotan ini. Oh iya membuat bunga dari sedotan pun jenis bunganya bisa bervariasi, bisa bunga mawar, bunga tulip, bunga matahari, dan masih banyak lagi. Sebagai awalnya, kita membuat bunga mawar saja kali ini. Oke, sudah siap semua, mari kita mulai berkreasi.

Untuk bahan dasarnya ya tentu saja sedotan. Sedotan sendiri sebenarnya ada bermacam-macam bentuk, berbagai ukuran, berbagai tingkat ketebalan, dan berbagai warna. Kita bisa menggunakan jenis sedotan yang manapun yang anda suka. Tapi biasanya di toko yang menjual alat-alat untuk membuat kerajinan tangan, biasanya dijual juga jenis sedotan khusus yang biasa dipakai membuat kerajinan tangan dari sedotan. Itu kalau anda ingin menggunakan bahan dasar yang khusus. Tapi kalau tidak pun tidak masalah. Anda tetap masih bisa menggunakan bahan sedotan mana yang anda sukai.


Kerajinan Tangan dari Sedotan, Membuat Bunga Mawar - Alat dan Bahan


Baiklah, inilah alat yang diperlukan untuk membuat kerajinan tangan dari sedotan:
  • Gunting
  • Kawat biasa atau kawat tembaga
  • Jarum
  • Cutter
  • Sisir sedotan

Bahan lain yang bisa direkomendasikan yaitu aneka batang bunga, dan aneka putik bunga, yang bisa kita beli di toko-toko yang menjual pernak-pernik kerajinan tangan atau toko jahit. Kalau anda tidak mau membeli, anda masih bisa mengakalinya dengan membuat berbagai putik bunga sendiri. Anda bisa membuatnya dari sedotan pula, atau dari bahan yang lain seperti kertas krep, kertas emas, atau bahan yang lain sesuka anda.


Cara Membuat Bunga Mawar (Kerajinan Tangan dari Sedotan) :

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar
Bunga Mawar Dari Sedotan
  1. Siapkan 5 buah sedotan
  2. Potonglah masing-masing sedotan menjadi 3 bagian
  3. Ambil 1 buah potongan sedotan dan lipat menjadi 2 bagian
  4. Lubangi ujung kanan & kiri lipatan dengan gunting
  5. Gunting sisi pendek ujung satunya menuju lubang (jangan sampai putus mengenai lubang) sisakan ± 0.5cm
  6. Buka/lipat balik ke luar sisi yang digunting tadi (sisakan sedikit, jangan sampai mentok lubang)
  7. Jadilah kelopak bunganya. Lakukan hal yang sama pada semua potongan sedotan
  8. Setelah semua menjadi kelopak, buatlah guratan-guratan pada tepi ujung kelopak bunga, menggunakan sisir sedotan
  9. Ambil 1 buah putik, dan masukkan 3 buah kelopak ke dalam putik, dari bawah.
  10. Untuk kelopak-kelopak yang lain, gunting bagian bawah pada lipatan-lipatan sikunya sedikit.
  11. Masukkan semua kelopak bunga ke putik
  12. Setelah semua kelopak terpasang, tutup ujung bawak putik dengan kelopak hijau daun.
  13. Terakhir, anda tinggal memasang bunga mawar tadi ke sebuah batang bunga dari kawat.
  14. Nah, jadilah bunga mawar kreasi anda.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 1

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 2

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 3

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 4

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 5

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 6

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 7

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 8

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 9

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 10

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 11

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 12

Kerajinan Tangan Dari Sedotan, Kreasi Bunga Mawar 13
Bunga Mawar Dari Sedotan

Mudah bukan membuat kerajinan tangan dari sedotan berbentuk bunga mawar ini. Untuk variasinya, sebagai bunganya anda bisa menggunakan aplikasi warna-warna yang berbeda-beda sesuai selera anda sendiri. Walaupun bunga mawar sangat identik dengan warna merah, tapi di sini anda bisa berkreasi sesuka anda. Yang penting adalah hasil akhirnya bagus dan menarik.

Bila anda baru pertama kali membuat kerajinan tangan dari sedotan ini, mungkin hasilnya tidak akan terlalu memuaskan. Tapi dengan sering berlatih, maka anda akan semakin terampil, dan hasil kerajinan bunga mawar dari sedotan anda pun akan semakin sempurna. Setelah mahir, anda pun bisa mengembangkan kreasi anda dengan membuat aneka bunga yang lain.

Ada banyak variasi lain, misalnya dengan membuat bunga teratai, bunga dahlia, bunga sepatu, bunga lily, bunga terompet. Dan lain-lain. Atau anda juga bisa membuat kerajinan tangan dari sedotan yang lain misalnya membuat aneka kerajinan tangan binatang dari sedotan.

No comments:

Custom Search