To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Kerajinan Tangan Sederhana, Membuat Pot Bunga Sendiri Dari Batu
Custom Search

Kerajinan Tangan Sederhana, Membuat Pot Bunga Sendiri Dari Batu


Kerajinan Tangan Sederhana. Ya, kali ini kita akan sama-sama belajar cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa pot bunga, dengan bahan dasar batu.


Kerajinan Tangan Sederhana, Pot Bunga dari Batu


Mengapa batu? Karena batu sangat mudah sekali didapat. Di manapun anda berada, sejauh mata memandang kita akan dengan mudah menemukan batu. Entah batu kerikil, batu bata, batu kali yang besar-besar, ataupun batu pecahan kerikil.

Dan bila anda jeli, anda dapat memanfaatkan aneka jenis batuan yang ada di sekitar kita ini menjadi sebuah karya seni yang indah. Hanya dengan membutuhkan sedikit usaha dan kreatifitas,anda bisa menghasilkan sesuatu dari batu.



Keanekaragaman batuan yang bisa kita temukan di sekitar kita menjadi sebuah nilai positif dari pembuatan kerajinan tangan sederhana ini. Karena kita bisa memanfaatkan aneka warna, jenis, ukuran, tekstur dari berbagai jenis batuan itu sendiri menjadi sebuah karya kerajinan tangan sederhana.


Kerajinan Tangan Sederhana, Membuat Pot Bunga Sendiri


Pada artikel kali ini kita akan mencoba membuat sebuah karya kerajinan tangan sederhana berupa pot bunga. Nantinya pot bunga ini bisa menghiasi halaman anda. Atau bisa juga menghiasi ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah anda, agar terasa lebih indah dan asri. Siadah siap membuat pot bunga? Mari sekarang kita praktek.


Kerajinan tangan sederhana - Alat dan bahan


Pertama-tama tentu saja kita membutuhkan alat dan bahan. Berikut alat dan bahan yang bisa digunakan:

Kerajinan Tangan Sederhana
Pot Bunga Dari Batu
  • Ember aluminium/plastik. Untuk ukurannya bisa menyesuaikan dengan tujuan membuat kerajinan sederhana pot bunga. Untuk tujuan hiasan taman/halaman lebih baik menggunakan ember ukuran besar, agar lebih terlihat. Sedangkan untuk hiasan di dalam ruangan atau dalam di kamar bisa menggunakan ember ukuran lebih kecil.
  • Batu. Batu ini juga menyesuaikan kebutuhan. Anda bisa menggunakan batu kali biasa dg ukuran kecil. Atau agar mendapatkan hasil yg indah, kita bisa memakai batuan laut yg banyak didapat di pantai. Atau anda bisa membelinya di toko-toko yg menjual perlengkapan akuarium ikan. Akan lebih indah bila anda bisa memadukan beberapa jenis batuan dg beberapa warna.
  • Gips atau semen putih. Sekarang ini sudah banyak sekali dijual semen putih dg aneka warna. Nah agar tampak indah, andapun dapat menggunakan bahan gips dengan warna selain putih.
  • Kasa jaring. Bisa dibeli di toko besi tempat di mana anda membeli gips/semen putih.
  • Spon lembut.
  • Spatula.


Cara membuat kerajinan tangan sederhana pot bunga dari batu


Berikut ini proses pembuatan kerajinan tangan sederhana pot bunga dari batu:

  1. Siapkan sebuah ember berbahan dasar kaleng atau aluminium. Bila tidak ada, bisa juga menggunakan ember plastik.
  2. Lubangi bagian dasar ember dengan beberapa lubang kecil. Lubang-lubang kecil ini akan berfungsi sebagai drainase, untuk mengurangi air yang berlebihan di dalam pot bunga.
  3. Sekarang sebagai lapisan dasarnya, oleskan plester atau gips atau semen putih (semen warna) siap pakai. Lapisan pertama ini jangan terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Ketebalan yang baik adalah sekitar 0,4 – 0,6 mm.
  4. Selanjutnya tempelkan kasa jaring pada seluruh sisi kaleng yg telah dilapisi gips.
  5. Sedikit tekan kasa jaring tersebut ke dalam lapisan gips agar batu dapat menempel dengan kuat.
  6. Tempelkan batu satu persatu secara merata pada lapisan gips.
  7. Setelah batu kerikil tertempel semuanya, biarkan gips mengering dan batu kerikil menempel dengan baik. Untuk lebih cepat, ember bisa dijemur di bawah sinar matahari.
  8. Setelah kering, oleskan kembali adonan gips pada permukaan batu kerikil secara merata untuk menutup lubang-lubang yang ada di sela-sela batu.
  9. Siapkan spon halus, celupkan ke dalam air dan kemudian diperas.
  10. Haluskan dan bersihkan permukaan batu dengan menggunakan sponsampai permukaan batu bersih, dan halus merata.
  11. Jemur kembali pot bunga yang telah jadi agar semua lapisan gips mengering.
  12. Selesai.

**Gambar pembuatannya silahkan dilihat di sini

**Pesan Dalam Telur


Sebuah kerajinan tangan sederhana berupa pot dari batu sudah jadi. Andapun bisa meletakkan di manapun anda suka. Dan Jangan lupa sebagai faktor utama, yaitu bunga penghiasnya! Pilihlah jenis bunga yang berwarna menarik.

Untuk hiasan kamar tidur atau ruang di dalam rumah bisa kita pakai jenis bunga yang memiliki sedikit daun, agar tampak lebih mencolok mata. Dan untuk pajangan di halaman boleh digunakan bunga berdaun banyak, atau tanaman tanpa bunga juga boleh saja.

Mudah bukan menghias rumah dengan manis namun dengan cara yg benar-benar simple. Bisa juga dikerjakan saat hari minggu sambil mengisi waktu luang. Baiklah, silahkan mencoba berkreasi dengan kerajinan tangan sederhana pot bunga dari batu.

Incoming searh terms :

aneka kerajinan tangan sederhana, kerajinan tangan sederhana dari barang bekas, cara membuat kerajinan tangan sederhana, contoh kerajinan tangan sederhana, kerajinan tangan dari koran, kerajinan tangan dari sedotan, cara pembuatan kerajinan dari kertas, cara membuat kerajinan dari bahan bekas, tips membuat kerajinan tangan sederhana, kerajinan tangan sederhana

No comments: