Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah

Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah. Membuat bingkai foto kayu kuno.

Hadirnya foto keluarga di dalam sebuah rumah pasti akan membuat suasana rumah semakin hangat. Rumah akan terlihat lebih hidup dengan adanya foto yang menempel di dinding.

Selain mempercantik dinding rumah, hadirnya foto keluarga juga bisa mengundang memori, mengembalikan kenangan-kenangan indah dengan keluarga pada masa lalu.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah - Bingkai Foto Antik


Sebuah rumah tanpa foto akan terasa kering dan hambar, seakan tidak ada manusia yang menghuni. Ya memang sedahsyat itulah peran foto di dalam sebuah hunian. Walaupun hanya sebuah foto dengan bingkai kecil sangat sederhana terpasang di dinding ruang keluarga, namun dia mempunyai peranan yang sangat luar biasa.


Pada kesempatan kali ini kita bersama akan belajar cara membuat kerajinan tangan yang mudah yaitu bingkai foto kayu kuno. Mungkin sekarang ini sudah banyak sekali dijual dimana-mana bingkai foto berbahan plastik, fiber, ataupun kayu yang beraneka ragam bentuk dan harga.

Nah kali ini kita akan coba membuat sendiri bingkai foto dengan bahan dasar kayu, dengan sentuhan warna klasik. Sehingga bingkai foto ini akan tampak terlihat sudah lama dimiliki, dan terkesan sangat antik.

Alat dan bahan yang kita butuhkanuntuk membuat kerajinan tangan yang mudah ini tidaklah sulit dicari. Bahan-bahannya banyak sekali ditemukan di sekitar kita. Sebagai bagan utamanya kita memerlukan sebuah pigura berbahan kayu. Bingkai kayu ini bisa dibeli, atau kalau anda bisa membuatnya sendiri akan jauh lebih baik karena merupakan kreasi anda sendiri. Pilihlah bingkai foto yang masih belum dicat atau diwarnai.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah
Membuat Pigura Kuno Antik

Kerajinan Tangan Yang Mudah - Alat dan bahan :

  • Pigura kayu polos (belum dicat).
  • Foto. Untuk memberi efek vintage, kita tidak akan memakai foto berwarna, melainkan kita akan menggunakan foto hitam putih.
  • Stoples.
  • Serabut kawat baja. serabut kawat ini sering dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga untuk mencuci piring. Serabut kawat bisa didapat di banyak toko/supermarket.
  • Ampas kopi.
  • Cuka.



Cara membuat kerajinan tangan yang mudah, bingkai foto kayu kuno:


  • Cara membuat kerajinan tangan yang mudah - Tahap I (Pembuatan cairan pewarna)

  1. Siapkan sebuah stoples kaca yg ada tutupnya. Labih baik gunakan stoples berbahan kaca.
  2. Ambil sepotong serabut kawat baja (biasa untuk cuci piring).
  3. Masukkan serabut kawat ke dalam stoples.
  4. Taburkan ampas kopi kurang lebih ¼ stoples.
  5. Tambahkan air cuka ke dalam stoples, sampai hampir penuh atau sekitar ¾ stoples.
  6. Kocok/aduk sampai tercampur rata.
  7. Diamkan selama satu malam suntuk.


  • Cara membuat kerajinan tangan yang mudah - Tahap II (Pewarnaan bingkai foto)

  1. Gosoklah pigura secara merata, dengan serabut kawat yg telah direndam di dalam cairan kopi & cuka.
  2. Biarkan hingga kering dengan cara menjemur sebentar di bawah sinar matahari selama kurang lebih 30 menit.
  3. Oles sekali lagi dengan cairan kopi & cuka menggunakan serabut kawat (2 kali pelapisan akan membuat hasil lebih baik).
  4. Jemur sekali lagi di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.
  5. Setelah kering benar, bersihkan pigura dari butiran ampas kopi yang masih menempel. Biasanya akan muncul aroma kerang sedap dari cairan pewarna ini, tapi setelah kering biasanya bau akan hilang dengan sendirinya.
  6. Pigura klasik pun sudah jadi.


Berikut ini gambar cara membuat kerajinan tangan yang mudah berupa bingkai foro antik :

Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah, Bingkai Foto Antik 1

Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah, Bingkai Foto Antik 2

Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah, Bingkai Foto Antik 3

Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah, Bingkai Foto Antik 4

Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah, Bingkai Foto Antik 5


Catatan :

  • Cairan campuran serabut kawat baja + kopi + cuka direndam setidaknya harus direndam selama satu malam untuk memperoleh warna kecoklatan. Sebenarnya tergantung selera anda juga, karena bila anda merendamnya lebih dari satu malam (satu minggu misalny), akan memberikan hasil warna yang semakin gelap.
  • Sebagai cairannya, selain cuka biasa, bisa juga memakai cuka dari sari apel. Cuka putih atau cuka biasa akan menghasilkan efek warna kecoklatan. Sedangkan cuka sari apel akan memberikan hasil efek warna abu-abu.
  • Tidak masalah bila anda menggunakan serabut kawat yang ada di rumah anda (bekas mencuci piring). Tapi pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu. Jangan sampai ada sabun yang tertinggal. Karena saat serabut kawat baja dicelupkan ke dalam campuran kopi & cuka, sabun akan menghambat proses terbentuknya warna karat (coklat).
  • Anda bisa bereksperimen sendiri dengan campurannya untuk menghasilkan warna yang anda inginkan. Misalnya seperti yg sudah kita tahu, serabut kawat + ampas kopi + cuka akan menghasilkan warna kecoklatan. Cuka sari apel akan menghasilkan efek warna abu-abu. Setelah seminggu akan menghasilkan warna cedar atau warna karat. Kemudian jika anda menambahkan sepeser uang logam, maka kemungkinan akan muncul efek warna kebiruan.
  • Cara pewarnaan kayu ini juga disa diaplikasikan pada produk kayu lainnya, seperti misalnya meja, kursi, jendela, dan lainnya.


**Pot Bunga Dari Batu


Tidak susah bukan cara membuat kerajinan tangan yang mudah berupa bingkai foto kuno ini. Silahkan mencobanya.

No comments:

Custom Search