Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas

Kerajinan tangan dari kertas bekas. Kerajinan ini merupakan salah satu jenis kerajinan tangan yang sedang tren saat ini. Kenapa? Ini ada hubungannya dengan Global Warming tentunya.


Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas, Kurangi Pemanasan Global


Ya belakangan ini masyarakat dunia sedang berlomba-lomba dengan galaknya memerangi yang namanya global warming atau pemanasan bumi secara global. Dan mereka juga berlomba menggunakan segala produk daur ulang, dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk mengurangi sampah.

Seperti yang kita tahu, kertas dibuat dari pohon yang ditebang dan diambil kayunya. Nah dari kayu itulah kemudian akan diolah menjadi kertas. Terbayang kan selama ini sudah berapa juta bohon yang ditebang guna memenuhi kebutuhan kertas di dunia. Sedangkan kebutuhan akan kertas di dunia tidak pernah berhenti atau berkurang sedikitpun.


Semakin banyak kertas yang dipakai oleh jutaan umat manusia, maka akan semakin banyak pula pohon yang ditebang untuk memenuhi kebutuhan itu. Sementara usaha-usaha reboisasi atau penanaman kembali pohon yang ditebang dirasakan masih sangat kurang. Sehingga saat ini banyak sekali hutan-hutan yang semakin gundul. Hutan-hutan alami semakin menyusut jumlahnya, dan semakin hilang. Demikian pula hewan-hewan liar yang habitatnya di hutan akan semakin punah, karena tempat tinggalnya musnah.


Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas, Mengolah Sampah


Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengurangi jumlah penggunaan kertas yaitu dengan memanfaatkan atau mengolah kembali kertas bekas dan menjadikannya barang/produk lain yang berguna, atau yang lebih dikenal dengan recycle. Mungkin kita sering mendengar istilah reduce, reuse, & recycle. Atrinya mengurangi, memakai kembali, & mengolah kembali.

Ya memang istilah di atas merupakan tehnik yang sekarang ini sedang digalakkan oleh negara manapun di dunia guna mengurangi efek global warming dalam rangka meremajakan bumi. Cara di atas bisa diterapkan dalam mengolah kembali berbagai jenis sampah. Salah satunya tentu kertas bekas. Kertas bekas bisa diolah menjadi berbagai barang ataupun kerajinan tangan.


Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas Dan Cara Pembuatannya


Sebagai contoh, kita akan mencoba membuat salah satu kreasi kertas yaitu lampion dari kertas. Bahan yang diperlukan hanyalah sebuah lampu lampion bulat polos yang banyak kita jumpai di beberapa toko tertentu. Kemudian untuk bahan kertasnya bisa kita gunakan kerts bekas apapun. Bisa kertas dari buku tulis anda, bisa Koran bekas, ataupun kalau mau bisa juga digunakan kertas warna yang baru (bukan bekas) sesuai selera anda.


Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas, Pembuatan :


Mari sekarang kita buat Lampion dari kertas, cara membuat kerajinan tangan dari kertas bekas ini yaitu:

  1. Siapkan lampion yang masih polos.
  2. Gunting kertas-kertas yang atelah disiapkan menjadi potongan-potongan kecil berbentuk bundar, atau bentuk apapun terserah anda.
  3. Setelah cukup banyak, beri sedikit lem pada salah satu sisi bundaran kertas.
  4. Tempelkan sisi yang telah diberi lem pada lampion.
  5. Tempelkan potongan-potongan kertas tersebut pada lampion sampai seluruh lapion tertutup dengan bundaran kertas. Mulailah menempelkan kertas dari sisi bawah lampion.
  6. Jadilah lampion kertas yang unik.


Kerajinan Tangan Dari Kertas
Lampion Kertas Koran Bekas
Di atas hanyalah salah satu contoh sederhana kerajinan tangan dari kertas bekas. Anda bisa juga menggunakan jenis kertas yang lain untuk membuat kerajinan tangan dari kertas bekas yang berbeda. Kerajinan tangan dari kertas bekas karton juga bisa anda ciptakan dengan banyak sekali variasi bentuk.

Dalam cara membuat kerajinan tangan dari kertas bekas, yang sangat perlu diperhatikan adalah kekuatannya. Seperti kita tahu, kertas memiliki sifat yang lentur (tidak kaku), juga tipis, mudah sobek. Jadi untuk beberapa jenis produk kreasi yang besar mungkin harus kita pikirkan beberapa bahan tambahan untuk memperkuat atau memperkokoh karya kita.

Seperti misalnya kreasi kertas karton. Mungkin kita ingin membuat mainan untuk anak kesayangan dari bahan karton bekas. Misalnya membuat mobil atau motor dari karton yang kemungkinan besar akan dinaiki oleh si kecil. Maka bisa dipastikan harus ada bahan tambahan untuk menopang berat badan anak anda. Atau anda bisa menerapkan beberapa tehnik pembuatan kerajinan tangan dari kertas bekas karton.


Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas, Kertas Bekas Dan Peluang Bisnis


Setelah anda cukup berkreasi menciptakan bermacam-macam pernak-pernik, maka anda bisa menjual karya anda tersebut, dan menciptakan peluang bisnis untuk anda. Kerajinan tangan dari kertas bekas dan cara pembuatannya dapat anda pelajari dai berbagai sumber. Bahan-bahannya pun saya rasa tidak mahal, bahkan untuk kertas bekas kita pasti bisa memperolehnya dengan sangat murah dan mudah. Jadi modal yang diperlukan untuk membuat usaha kerajinan kertas bekas pastinya akan sedikit sekali. Namun bila hasilnya bagus, unik, dan menarik, ya pasti akan banyak peminatnya.

Yang sangat diperlukan adalah ketekunan, dan ketelitian. Karena pada dasarnya kerajinan tangan dari kertas bekas pasti melibatkan pekerjaan menggunting, melipat, menempel, dll. Kita hanya bisa menghasilkan karya yang bagus hanya bila kita teliti mengerjakannya.

**Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

No comments:

Custom Search