Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel

Kerajinan tangan dari kain flanel cukup menjanjikan sebagai peluang usaha bagi pada pengusaha rumahan terutama bagi para pengusaha UKM.

Pembuatan kerajinan tangan dari flanel ini pun juga cukup mudah, dan sangat sederhana. Oleh karena itu jika ditekuni, jenis usaha ini akan lumayan menghasilkan.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Dan Peluang Usahanya


Kain flanel yang adalah bahan utama dalam pembuatan macam-macam kerajinan tangan dari kain flanel. Kain flanel ini sering dipakai karena memang sangat bagus. Dari segi bahan, kain flanel cukup lentur, mudah dibentuk, dan juga merupakan jenis bahan yang hangat bila dipakai untuk baju.

Selain itu dari segi warna, bahan kain flanel sangatlah bervariasi. Biasanya kain flanel berwarna cerah mencolok. Ini bisa membuat flanel mudah untuk dipadupadankan dengan bahan lain atau warna lainnya.


Kain flanel biasanya dipakai untuk membuat aneka kerajinan tangan dari flanel, seperti gantungan kunci dari flanel, boneka dari flanel, tas dari flanel, pakaian dari flanel, hiasan dinding dari flanel, bros dari flanel, ataupun barang kerajinan dari flanel yang lainnya. Selain dipakai untuk bahan utama kerajinan tangan dari kain flanel, kain flanel juga bisa dipakai sebagai bahan tambahan, atau sebagai hiasan tambahan kerajinan tangan unik berbahan lain, misalnya kerajinan tangan dari kardus.

Bagi anda ibu rumah tangga atau siapapun yang ingin mempelajari cara pembuatan kerajinan tangan berbahan kain flanel pasti tidak akan menemui banyak kesulitan. Hal ini dikarenakan cara pembuatan kerajinan ini yang biasanya sangat sederhana sekali, mudah, dan bisa dipelajari dalam waktu yang sangat singkat. Alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan berbagai kerajinan tangan dari kain flanel ini pun bisa ditemukan atau dibeli di banyak tempat.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel
Amplop Kain Flanel

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Mendulang Rupiah


Bagi anda yang jeli melihat peluang, maka usaha kerajinan tangan flanel ini bisa menjadi suatu usaha yang patut diperhitungkan. Karena mudahnya proses produksi, maka banyak orang yang mulai melirik jenis usaha kerajinan tangan ini. Contoh kerajinan tangan dari kain flanel bisa bervariasi, seperti hiasan dinding, aneka dompet, aneka tas, tas laptop, dompet handphone, dan masih banyak lagi. Pangsa pasarnya pun tidak bisa dibilang sedikit, mulai dari ibu rumah tangga, remaja, sampai dengan anak kecil. Bahkan tidak menutup kemungkinan para kaum pria pun juga bisa jadi target pasar yang potensial asal kita tahu caranya.


Kerajinan Tangan Dari Flanel, Dasar-dasar Pembuatan


Hampir semua jenis produk kerajinan tangan dari kain flanel ini menggunakan tehnik tusuk jahit atau tusuk hias. Ada beberapa jenis tusuk yang dipakai dalam pembuatan aneka kerajinan dari kain flanel, yaitu:
  • Tusuk Feston
  • Tusuk Rol
  • Tusuk Jeruji
  • Tusuk Pipih
  • Tusuk Tikam Jejak, dan tusuk dasar lainnya

Ke-lima jenis tusuk ini bisa anda pelajari dengan sangat mudah dan cepat. Cara ini paling sering digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan flanel karena dianggap paling sederhana, dan dengan menerapkan cara ini, para perajin bisa mengaplikasikan banyak variasi.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Pembuatan Boneka Dari Flanel


Kali ini sebagai latihan awal, kita akan mencoba belajar membuat boneka mini dari flanel. Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel sebagai berikut:

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel - Boneka Flanel
Boneka Flanel
  1. Silahkan sediakan bahannya, yaitu kain flanel dengan warna sesuai selera, dakron, jarum, benang, dan lem.
  2. Buatlah pola boneka yang anda kehendaki terlebih dahulu pada kain flanel dengan menggunakan pensil atau bisa juga dengan kapur jahit. Pola kain flanel bisa berbentuk binatang, orang, ataupun bentuk yang lainnya. Pola bisa dibuat sebanyak 2 buah yang akan digunakan untuk bagian depan dan belakang boneka.
  3. Gunting pola tersebut.
  4. Tambahkan beberapa aksesoris seperti mata, hidung, dll, dengan menggunakan aksesoris mata tambahan. Atau anda juga berkreasi dengan membuat mata sendiri dengan menggunakan kain flanel dengan warna yang berbeda.
  5. Satukan aksesoris tambahan tersebut dengan menggunakan lem tembak, atau bisa anda sulam sendiri mata kreasi anda.
  6. Setelah itu satukan kedua pola boneka bagian depan dan belakang dengan menggunakan tehnik tusuk feston. Sisakan sedikit lubang untuk mengisi dakron.
  7. Isilah pola boneka yang telah disatukan tadi dengan dakron melalui lubang yang disisakan tadi.
  8. Setelah dirasa cukup penuh, silahkan jahit lubangnya.
  9. Jadilah boneka sederhana.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 1

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 2

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 3

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 4

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 5

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 6

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 7

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 8

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 9

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel, Membuat Boneka Flanel 10




Mudah bukan membuat kerajinan flanel? Hanya perlu belajar sebentar saja dan latihan yang cukup, maka anda akan mahir membuat aneka kerajinan flanel. Dan andapun bisa berkreasi menciptakan kerajinan tangan dengan bentuk yang lainnya.

Bagi para ibu rumah tangga juga bisa membuat kerajinan flanel berbentuk aneka mainan kreasi kain flanel untuk si kecil. Bisa saja berbentuk boneka, boneka tangan, boneka jari, atau mainan yang lainnya. Pada dasarnya tehnik yang digunakan adalah sama. Hanya saja yang perlu ditambahkan adalah imajinasi anda sendiri dan juga kreasi anda. Tidak ada patokan atau aturan baku yang harus dipakai untuk pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel ini.

Untuk anda yang sedang ingin memulai bisnis. Kerajinan tangan ini patut diperhitungkan. Harga kain flanel sangat murah, dengan modal yang sedikit, cara pembuatan yang mudah, anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dan cepat dari usaha kerajinan tangan dari kain flanel ini.

No comments:

Custom Search