Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas

Kerajinan tangan dari koran bekas ternyata bisa menghasilkan uang yang cukup menggiurkan. Mengapa bisa? Nah di sini akan kita ulas lebih mendalam. Siapa yang belum pernah membaca Koran? Pasti semua pernah kan.


Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas, Memanfaatkan Limbah Koran Bekas


Ya sebagian besar penduduk dunia memang sangatlah akrab dengan yang namanya Koran, majalah, ataupun tabloid. Ya memang sampai saat ini Koran merupakan salah satu sumber informasi untuk masyarakat yang sangat mudah didapat.


Selain mudah didapat, Koran juga merupakan media informasi yang cukup terjangkau harganya. Ya, sebuah Koran biasanya di Indonesia dijual dengan harga sekitar Rp 2.500,- per eksemplar mungkin ada beberapa Koran yang dijual sedikit lebih mahal. Bahkan di beberapa daerah bahkan ternyata ada juga beberapa koran harian yang dijual dengan harga Rp 1.000,- per eksemplarnya, murah bukan?

Hanya dengan seribu rupiah kita bisa mendapat berbagai informasi berita dari berbagai belahan bumi, baik dari dalam maupun luar negeri. Koran juga merupakan salah satu media bantu bagi para pengusaha untuk mengiklankan produk mereka kepada masyarakat luas dengan cukup murah. Hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah, produk maupun jasa mereka sudah bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Walaupun seperti yang kita tahu, bahwa zaman sekarang ini segala informasi baik dalam maupun luar negeri sudah bisa dengan mudahnya diakses melalui jaringan internet, namun Koran tetap memiliki tempat tersendiri di hati pembacanya. Ya, sekarang ini media internet atau yang sering kita kenal dengan dunia maya memang sedang naik daun. Perkembangan internet di dunia khususnya di Indonesia memang sangat pesat sekali dalam beberapa tahun terakhir ini. Biaya untuk internetpun semakin hari semakin murah.


Kerajinan Tangan Dari Koran
Bunga Mawar dari Koran Bekas

Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas, Memanfaatkan Sampah Koran


Mereka yang membeli koran maupun berlangganan koran biasanya merasa dipusingkan ketika di dalam rumahnya sudah menumpuk koran-koran bekas yang sudah using. Mereka sering bingung mau dikemanakan Koran bekas yang sudah tidak terpakai itu.

Biasanya mereka hanya membuang begitu saja, atau mereka jual kembali pada tukang loak yang sedang lewat. Memang cara itu sah-sah saja, tapi ada beberapa orang kreatif yang rupanya cukup jeli melihat peluang. Mereka memanfaatkan Koran bekas itu dan mengolahnya menjadi berbagai kerajinan tangan dari koran bekas.

Koran bekas itu masih bisa dimanfaatkan. Misalnya diolah menjadi kerajinan tangan dari koran bekas seperti sandal, tas, kotak tissue, pensil, dompet, tas laptop, figura, aneka hiasan dinding, dan lain-lain. Dan hasilnyapun bisa mereka jual dan mendapatkan keuntungan dari situ.


Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas, Cara Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas


Kerajinan tangan dari barang bekas koran ini terbilang agak sulit. Ini karena dalam pembuatannya, kerajinan tangan dari kertas bekas memerlukan beberapa tahapan proses yang cukup sulit. Namun sebenarnya prosesnya sederhana, hanya saja untuk memperoleh hasil yang bagus dan kuat memang akan diperlukan alat bantu yang khusus.


Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas, Tehnik Pembuatan


Berikut ini kita akan bahas sedikit mengenai salah satu tehnik atau cara pembuatan kerajinan tangan dari koran bekas :
Kerajinan Tangan Dari Koran - Koran Dipilin
Koran Bekas Dipilin

  1. Bahan dasar yang harus disiapkan adalah koran bekas. Koran bekas biasanya bisa kita beli dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 1.000,- sampai Rp 1.500,- per kilonya atau sekitar 3-4 eksemplar.
  2. Kemudian lembaran-lembaran Koran tersebut dipilin atau dilinting semua.
  3. Setelah semua lembaran dilinting, lalu lintingan-lintingan Koran itu akan ditenun. Nah proses penenunan ini biasanya menggunakan alat khusus agar hasilnya rapi.
  4. Setelah ditenun, barulah koran bekas tersebut bisa dipotong atau dicetak sesuai dengan jenis kerajinan yang akan dibuat.

Untuk membuat kerajinan tangan dari koran bekas ini kuat dan tahan air, biasanya para perajin akan menambahkan bahan khusus yang bisa memperkuat bahan Koran, dan membuatnya anti air. Selain itu, dari segi estetik, maka untuk mempercantik biasanya juga digunakan bahan lain.

Misanya untuk membuat tas atau sandal bisa digunakan bahan tambahan berupa tali dari tanaman eceng gondok yang telah diolah. Ini akan membuatnya menjadi lebih unik dan lebih memiliki nilai ekonomis.



**Kerajinan Tangan Dari Kertas Bekas


Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas, Mampu Mengurangi Sampah Kertas


Selain dengan cara di atas, masih banyak lagi cara yang bisa dipakai untuk membuat kerajinan tangan dari koran bekas lainnya. Dengan memanfaatkan limbah Koran bekas dan mengolahnya menjadi kerajinan tangan dari barang bekas, sebenarnya kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru yang cukup menjanjikan hasilnya.

Selain itu juga tidak diragukan lagi bahwa kita juga telah membantu pemerintah untuk mengolah limbah kertas. Dan dengan membuat kerajinan tangan dari koran bekas secara tidak langsung kita juga turut berperan serta dalam mengurangi pemanasan global akibat sampah.

No comments:

Custom Search