Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik

Cara membuat kerajinan tangan dari manik-manik. Para ibu guru, orang tua, om, tante, kakak, adik, dan teman-teman semua, kita hari ini akan bersama belajar lagi untuk membuat kerajinan tangan yang mudah dibuat dan sederhana.

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari manik-manik.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik, Hiasan Gantung


Kegiatan ini terutama ditujukan untuk aktifitas anak-anak kita. Tentu saja harus selalu diiringi orang tua atau ibu guru ya. Ya, kali ini kita akan bersama-sama membuat sebuah kerajinan tangan berbahan dasar manik-manik, yaitu hiasan gantung dari manik-manik.

Walaupun cara membuatnya sangat mudah, namun anak-anak tetap memerlukan pendampingan dari orang tua atau guru masing-masing. Ini karena dalam kegiatan membuat kerajinan tangan kita kali ini, kita akan menggunakan alat bantu kompor dan oven. Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka kita tidak boleh membiarkan anak melakukan sendiri aktivitas ini.

Baiklah, sekarang kita langsung saja mulai mempraktekkan cara membuat kerajinan tangan dari manik-manik.


Gambar Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik
Hiasan Manik-manik

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik, Alat Dan Bahan :

  1. Manik-manik 
  2. Cetakan kue dari logam 
  3. Kertas kue 
  4. Kompor 
  5. Oven 
  6. Pita 
  7. Gunting 


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik


Berikut cara membuat kerajinan tangan dari manik-manik:
  1. Siapkan sejumlah manik-manik berbagai warna. Untuk warna terserah anda. Anda bisa menggunakan satu warna saja ataupun berbagai kombinasi warna. Beegitu pula ukuran manik-manik juga menyesuaikan dengan kesenangan anda. 
  2. Siapkan beberapa cetakan kue berbahan logam atau aluminium. Bisa menggunakan berbagai bentuk cetakan kue. Sebaiknya gunakanlah beberapa cetakan kue yang bentuknya lucu. 
  3. Letakkan cetakan kue pada selembar kertas kue. Kalau bisa gunakanlah nampan logam sebagai alasnya, baru letakkan kertas kue dan cetakan kue di atasnya. 
  4. Masukkan sejumlah manik-manik ke dalam dasar cetakan kue. 
  5. Tatalah manik-manik di dalam cetakan kue sedenikian rupa, sehingga rapi dan susunannya menarik. 
  6. Masukkan manik-manik yang telah disusun di dalam cetakan kue ke dalam oven. Untuk oven yang digunakan, bisa menggunakan oven manual yang dipanggang di atas kompor, ataupun oven listrik. 
  7. Panggang manik-manik dalam cetakan kue selama kurang lebih 10 menit, atau sesuai kebutuhan. Usahakan agar manik-manik masih agak berbentuk manik-manik, namun sedikit meleleh dan menempel satu sama lain. Perhatikan saat memanggang. Perlu hati-hati karena bila terlalu lama, manik-manik akan mencair. Usahakan agar manik-manik jangan sampai meleleh semua atau bahkan mencair. 
  8. Keluarkan manik-manik dari dalam oven, bila telah dirasa cukup meleleh. 
  9. Biarkan manik-manik dingin sepenuhnya. 
  10. Lepaskan dan keluarkan manik-manik dari dalam cetakan, dan pisahkan dari lembaran kertas kuenya. 
  11. Ambil seutas pita kecil, dan ikatkan pada manik-manik. 
  12. Hiasan manik-manik sudah jadi. 
  13. Gantunglah hiasan manik-manik ini di tempat yang diinginkan. 


Gambar Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik 1
Masukkan sejumlah manik-manik ke dalam dasar cetakan kue

Gambar Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik 2
Panggang ke dalam oven sampai sedikit meleleh dan menempel satu sama lain.

Gambar Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik 3
Kelluarkan dari dalam cetakan.

Gambar Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik 4
Ikat dengan pita dan gantungkan.

**Lukisan Daun


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik Dan Kreasinya


Sangat mudah sekali bukan cara membuat kerajinan tangan dari manik-manik ini. Bahan yang diperlukan sangat mudah sekali diperoleh. Cara membuatnya juga sangat cepat dan gampang sekali. Tapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan. Dampingilah selalu putra-putri anda ketika melakukan kegiatan membuat kerajinan tangan yang satu ini.

Cara membuat kerajinan tangan dari manik-manik ini juga masih bisa dikembangkan sendiri. Ajaklah putra putri anda untuk berinovasi. Biarkan mereka mengembangkan dengan ide-ide mereka sendiri. Biarkan mereka berkreasi dengan bentuk yang lain, perpaduan warna yang lain, dan juga perpaduan bahan manik-manik yang lainnya. Tugas anda hanyalah mendampingi, membantu, dan mengapresiasi segala hasil kreasi mereka. Selamat berkarya.

No comments:

Custom Search