To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Lukisan Daun

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Lukisan Daun


Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, membuat lukisan daun. Ya betul untuk kegiatan membuat kerajinan tangan untuk anak SD kali ini kita akan mencoba membuat lukisan dengan menggunakan dedaunan.

Untuk membuat lukisan dari daun ini tidak begitu sulit, dan tentu saja ini bisa dilakukan oleh anak-anak terutama anak SD atau bahkan anak TK dengan bantuan orang tua atau ibu guru.


Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Lukisan Daun


Kegiatan membuat lukisan dari daun ini bisa dilakukan atau dikerjakan di sekolah dalam pelajaran keterampilan, atau bisa juga dikerjakan di rumah masing-masing anak sebagai pekerjaan rumah. Membuat lukisan daun ini bisa dijadikan salah satu referensi untuk menambah koleksi kegiatan anak di sekolah tentunya.

Baiklah sekarang langsung saja kita mulai mempraktekkan cara membuat kerajinan tangan untuk anak SD berupa lukisan dari daun. Berikut ini caranya :




Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Alat dan Bahan :

    Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Lukisan Daun
  1. Selembar kertas gambar. 
  2. Cat air. 
  3. Wadah cat air. 
  4. Sikat gigi bekas. 
  5. Berbagai jenis daun. 


Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Cara Membuat Lukisan Daun :


Berikut cara membuat kerajinan tangan untuk anak SD:
  1. Siapkan cat air. Boleh menggunakan warna apapun, tapi kali ini kita akan memakai warna coklat muda saja. 
  2. Tuang ke dalam sebuah wadah kecil dan campurlah dengan sedikit air. Aduk sampai rata hingga cat dan air bercampur. 
  3. Siapkan selembar kertas gambar kosong. Letakkan di atas meja atau di atas lantai. Oh iya, jangan lupa menambahkan selembar koran bekas di bawah kertas gambar, sebagai alasnya. Kertas koran bekas ini sangat berguna sebagai alas agar lantai atau meja tetap bersih dan tidak terkena ceceran atau cipratan cat air. 
  4. Ambil serangkai daun. Gunakan satu jenis daun sebagai awalnya (sebagai lapisan pertama). Bisa menggunakan beberapa lembar daun yang masih dalam sepotong ranting kecil. Atau bisa juga dengan selembar daun yang ukurannya besar. 
  5. Letakkan daun tersebut di atas kertas gambar. Tatalah dengan serapi mungkin. 
  6. Celupkan sikat gigi bekas ke dalam cairan cat air yang ada di dalam wadah yang telah disiapkan sebelumnya. 
  7. Tiriskan sedikit sikat yang telah dicelup ke dalam cat air, agar tidak menetes-netes. 
  8. Dengan hati-hati cipratkan cat air yang ada di sikat gigi bekas tersebut ke atas kertas gambar yang telah diberi daun di atasnya. Untuk melakukan (mencipratkan) ini bisa menggunakan jari tangan atau jempol tangan, dengan cara mengeluskan jari atau jempol secara perlahan pada bulu sikat. Atau bisa juga dengan menggunakan alat bantu, bisa berupa keyu kecil, sisir, atau alat bantu apapun. 
  9. Cipratan cat air yang pertama ini cukup tipis saja. Sedikit saja, hanya sebagai fondasi awal. 
  10. Tunggu sebentar sampai cat air agak kering. 
  11. Angkatlah daun tersebut. 
  12. Sekarang ambi beberapa jenis daun sekaligus. Gunakan daun dengan berbagai bentuk, jenis, dan ukuran yang berbeda. Itu akan menghasilkan lukisan yang beraneka ragam. 
  13. Tatalah dengan sebaik mungkin semua daun tersebut dengan cara ditumpuk. 
  14. Cipratkan kembali cat air dengan menggunakan sikat gigi secara perlahan dan tipis saja. 
  15. Angkat lapisan daun yang paling atas, dan kembali cipratkan lagi cat airnya dengan tipis. 
  16. Ulangi langkah tersebut di atas sampai semua lapisan daun terangkat. 
  17. Tunggu sampai cat air kering sempurna. 
  18. Nah, kerajinan tangan untuk anak SD sudah jadi. Bagus kan? 

**Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas


Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Kreasi Lukisan Daun Lainnya


Sangat sederhana sekali bukan, untuk membuat sebuah kerajinan tangan untuk anak SD yang sederhana. Selain mudah sekali cara membuatnya, bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan terutama daun-daunan. Dan lebih hebatnya lagi lukisan daun ini masih bisa dikembangkan lagi dengan kreasi yang lebih beraneka ragam.

Untuk membuat kreasi lukisan daun yang lainnya, anak-anak bisa diajak untuk mencoba dengan menggunakan berbagai daun lainnya. Bisa memakai daun dari jenis pohon yang berbeda, bentuk yang berbeda, dan juga ukuran yang berbeda. Selain bereksperimen dengan jenis daun yang digunakan, anak-anak juga bisa bereksperimen dengan memakai jenis warna cat air yang berbeda-beda. Bisa memakai beberapa warna sekaligus.

Dan satu lagi cara bereksperimen saat membuat kerajinan tangan untuk anak SD berupa lukisan daun ini adalah anak bisa menggunakan tehnik pencipratan cat air yang berbeda-beda. Maksudnya adalah bisa menumpuk sekaligus beberapa jenis daun, lalu mencipratinya dengan cat air sekaligus. Atau bisa juga dengan urutan pencipratan yang sesuai selera untuk menghasilkan gradasi warna yang beraneka ragam.

Pada intinya adalah cara yang diulas di atas hanyalah sebagai salah satu cara, dan bisa lebih dikembangkan lagi. Ajaklah anak untuk bereksperimen sebanyak mungkin, sesuai dengan imajinasi mereka sendiri. Selain itu anda juga bisa membantu memberikan ide pada mereka. Baiklah, silahkan dicoba dengan membuat sendiri kerajinan tangan untuk anak SD.

Incoming search terms :

contoh kerajinan tangan untuk anak sd, cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas, kerajinan tangan dari kain bekas, kerajinan tangan anak sd, bahan bekas, kerajinan tangan dari botol aqua bekas, kerajinan tangan dari botol plastik bekas, keterampilan tangan untuk anak sd, kerajinan tangan untuk anak tk, kerajinan tangan untuk anak SD

No comments:

Custom Search