Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Memanfaatkan Sampah

Kerajinan tangan dari barang bekas. Mengapa barang bekas? Karena bahan ini dianggap yang paling murah dan paling mudah didapat.

Jadi untuk membuat kerajinan tangan dari bahan bekas tidak akan memerlukan modal biaya yang besar. Terutama bagi mereka yang memiliki usaha kerajinan.


Kerajinan Tangan dari Barang Bekas


Barang bekas bisa kita temui di manapun di sekitar kita. Bahkan di rumah kitapun pasti banyak sekali barang bekas yang masih tersimpan, seperti plastik, koran bekas, buku bekas, botol bekas air mineral, bungkus bekas sabun, dan masih banyak lagi pastinya.

Sering kali kita tidak langsung membuang barang-barang bekas tersebut. Ada beberapa alasan yang mungkin. Mungkin kita pikir barang-barang bekas tersebut masih akan bisa kita pakai suatu hari nanti. Baik untuk bungkus lagi, atau mungkin memang akan kita gunakan untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas.



Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Sampah


Ada yang punya pikiran menyimpan barang-barang tersebut karena nanti akan dimanfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan tangan dari bahan bekas. Tapi bisa jadi kita juga bingung, mau dijadikan apa barang-barang itu. Sedangkan sayang sekali kalau dibuang, sementara bentuknya masih bagus atau belum rusak. Ada juga beberapa orang yang menjualnya kembali kepada penampung barang bekas, karena memang beberapa barang bekas masih bisa dijual kembali, seperti misalnya koran bekas, botol, bekas minuman, kardus, kertas, dll.

Bagi kebanyakan orang, barang bekas sering kali hanya dianggap sebagai sampah yang mengotori rumah dan lingkungan. Seringkali pula dijauhi karena tidak jarang menimbulkan berbagai masalah lingkungan, seperti bau, kotor, penyakit, merusak pemandangan, dll.

Namun bagi segelintir orang yang memiliki daya kreatifitas dan daya imajinasi yang tinggi, maka sampah ini bisa disulap menjadi berbagai kerajinan tangan dari barang bekas unik. Dan bagi mereka yang jeli melihat peluang, maka tidak mustahil mereka mampu menciptakan berbagai peluang bisnis kerajinan tangan dari bahan bekas ini. Dan sampah diubah menjadi uang, dan pastinya bisa mendatangkan keuntungan yang segunung.


Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Koran Bekas


Koran merupakan salah satu bahan membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang bagus. Kita tahu koran bekas merupakan penyumbang sampah yang besar. Orang yang berlangganan koran mungkin bingung, akan diapakan koran bekas yang tak terpakai itu. Sedangkan jumlahnya semakin menumpuk. Paling mentok dijual ke penadah barang bekas. Padahal koran bekas ini merupakan salah satu bahan kerajinan tangan dari barang bekas yang sangat berkualitas, dan mudah didapat.


Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Tas Koran


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas - Kertas
Tas Kertas Koran Bekas
Banyak cara bisa diterapkan untuk mengolah koran menjadi kerajinan tangan dari barang bekas. Misalnya dimanfaatkan untuk membuat topeng, dengan cara menghancurkan koran bekas tersebut menjadi bubur menggunakan air. Setelah menjadi bubur koran, lalu bisa dibentuk menjadi berbagai macam topeng unik dengan warna-warna menarik.

Ada pula cara lain memanfaatkan koran bekas menjadi kerajinan tangan dari bahan bekas, yaitu dengan memilinnya, lalu dianyam menjadi berbagai barang unik, seperti kotak tissue, sandal, kotak pencil, dll. Cara pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas yang satu ini memerlukan proses yang lebih panjang dan sulit. Ini karena untuk memilin koran sampai bisa mendapatkan bentuk, ukuran, dan kekuatan yang sempurna akan membutuhkan ketrampilan khusus. Atau membutuhkan alat yang lebih canggih.



Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Tas Koran Bekas 1
Potong Koran Bekas dan Lipat

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Tas Koran Bekas 2
Rekatkan Lipatan Koran Bekas dengan Lem

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Tas Koran Bekas 3
Tambahkan Kertas Karton di Bagian Dalam

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Tas Koran Bekas 4
Tambahkan Tas Koran Bekas dengan Seutas Tali

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Tas Koran Bekas 5
Tas Koran Bekas Sudah Jadi


Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Botol Bekas


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas - Botol Bekas
Lilin Botol Bekas
Untuk jenis kerajinan tangan dari barang bekas yang satu ini yang dibutuhkan adalah botol bekas. Kerajinan tangan dari botol bekas memiliki beberapa bahan dasar, ada botol bekas air mineral (botol plastik), ada pula botol kaca. Untuk botol plastik, proses pemanfaatannya menjadi kerajinan tangan dari bahan bekas akan lebih sederhana.

Botol bekas air mineral bisa langsung digunakan hanya dengan cara mencucinya terlebih dahulu. Kemudian bisa hanya dengan memotong menjadi berbagai bentuk, dan mewarnainya. Bagi beberapa pengusaha kerajinan tangan dari bahan bekas bermodal kecil, kerajinan tangan dari botol plastik akan lebih mudah untuk ditekuni.

Untuk botol kaca, agar bisa disulap menjadi kerajinan tangan dari barang bekas yang bermutu, caranya akan lebih sulit. Misalnya dengan meleburnya dahulu dalam api bersuhu tinggi. Kemudian dibentuk menjadi aneka gelas, pot, lampu, dll. Walaupun sebenarnya bisa juga dimanfaatkan secara sederhana, hanya dengan mengecatnya, dan menjadikannya aneka kerajinan.

**Gambar tutorialnya silahkan lihat di sini

**Peluang Bisnis Bantal Emoticon


Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas - Plastik Bekas


Berbicara mengenai limbah rumah tangga, maka tidak lepas dari yang namanya sampak plastik. Nah kerajinan tangan dari plastik bekas ini adalah salah satu jenis kerajinan tangan dari bahan bekas yang mudah dan murah. Plastik yang biasa digunakan adalah plastik bekas pembungkus permen, pewangi, shampo, dll. Bahannya juga mudah sekali didapat. Bahan-bahan tersebut biasanya harus dicuci bersih dahulu sebelum dimanfaatkan. Lalu bisa langsung dijadikan berbagai kerajinan tangan seperti tas, dompet, sarung HP, sarung laptop, dll.

Ada beberapa metode pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas yang satu ini. Pertama, dengan cara menjahit langsung lembaran-lembaran plastik menjadi bentuk yang diinginkan (dompet, tas, dll). Cara kedua dengan melipatnya terlebih dahulu, sebelum kemudian menganyam lipatan-lipatan plastik tersebut menjadi aneka kerajinan tangan dari bahan bekas.

Nah, masih ada banyak lagi jenis kerajinan tangan dari barang bekas ini. Semua bahan ada di sekitar kita, dan mudah didapat, mudah pula membuatnya. Selain bisa menghasilkan uang, juga bisa membantu menyelamatkan lingkungan dari sampah bukan?

No comments:

Custom Search