Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias. Walaupun sebenarnya contoh kerajinan dari barang bekas yang satu ini bisa juga dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang sama sekali baru (bukan barang bekas).


Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias


Namun membuat kerajinan tangan tentu saja akan lebih murah dan lebih unik jika semua bahan yang dipakai adalah hsadil dari mengumpulkan barang-barang bekas yang tidak terpakai lagi. Selain lebih unik, pastinya juga biaya yang diperlukan untuk membuatnya akan jauh lebih murah.

Baiklah kita mulai saja membuat salah satu kerajinan barang bekas yang berupa cermin cantik dari sendok plastik. Berikut ini cara membuatnya.



Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Alat dan Bahan

  • Sendok makan lipat plastik.
  • Lem tembak.
  • Gunting.
  • Karton/tripleks.
  • Kertas/kain.
  • Cermin.
  • Cat/pewarna.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Cara Pembuatan


Berikut ini contoh kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuatnya:

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias
Cermin Barang Bekas
  1. Siapkan sendok lipat plastik ukuran sedang secukupnya. Jumlah sendok menyesuaikan dengan ukuran cermin yang akan dibuat.
  2. Potong semua sendok lipat tepat pada pangkal kepala sendok (ujung gagang sendok). Sebisa mungkin menggunakan sendok lipat, karena akan lebih mudah memotongnya, hanya tinggal melepaskan sambungan lipatannya saja. Namun bila tidak ada sendok lipat, bisa juga menggunakan sendok plastik biasa, tapi anda harus sedikit repot memotongnya dengan bantuan gunting besar atau cutter.
  3. Siapkan selembar tripleks tebal. Lebih baik menggunakan tripleks yang lebih kuat. Namun karena saya agak malas memotong atau menggergaji, kali ini saya akan menggunakan bahan yg saya sudah punyai. Yaitu menggunakan 2 buah karton tebal yg biasanya dipakai untuk membuat karangan bunga, dengan 2 ukuran yg berbeda.
  4. Letakkan lingkaran karton yang kecil di dalam lingkaran yang lebih besar.
  5. Satukan kedua lingkaran tersebut dengan cara menempelkan sisa potongan-potongan gagang sendok menggunakan bantuan lem tembak.
  6. Balik dan tutuplah celah pada sambungan potongan-potongan sendok tersebut dengan kertas tebal sampai semua rapat, tidak ada celah lubang, agar terlihat lebih rapi dan mempermudah tahap selanjutnya.
  7. Tempelkan satu persatu potongan-potongan kepala sendok ke atas lingkaran karton. Melingkar dimulai dari lingkaran yang paling luar. Masing-masing sendok ditempel dengan memberikan sedikit jarak kira-kira ½ atau lebih dari ukuran lebar sendok.
  8. Perhatikan benar jarak masing-masing sendok terluar. Karena lingkaran semakin mengecil, maka jarak sendok akan semakin rapat. Jangan sampai nantinya pada deretan lingkaran yg paling dalam, deretan sendok tidak bisa ditempel dengan jarak yg rapi.
  9. Ulangi langkah di atas dengan menempelkan sendok-sendok di depan sendok yg telah ditempel (semakin ke dalam). Tempelkan dengan letak berselang-seling.
  10. Ulangi langkah di atas sampai lingkaran karton semua terisi penuh sendok. Dan hanya menyisakan 1 lubang saja di tengah berbentuk lingkaran.
  11. Warnai seluruh sendok dengan cat. Akan lebih mudah dengan memakai cat semprot. Pilihlah warna kesukaan anda. Bisa menggunakan satu warna muda saja.
  12. Tunggu sampai kering sebentar.
  13. Catlah kembali 2 atau 3 lapisan terdalam sendok dengan warna yang lebih tua agar terlihat lebih menarik. Bisa memakai cat air dengan bantuan kuas.
  14. Untuk memperoleh gradasi warna yang bagus, campurkan cat dengan warna tua + warna putih sedikit demi sedikit.
  15. Jemur sampai kering.
  16. Pasanglah sebuah cermin berukuran sedang pada bagian belakang.
  17. Ini dia! Cermin bunga krisan telah jadi

Berikut ini gambar cara pembuatan contoh kerajinan tangan dari barang bekas, cermin unik

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 1

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 2

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 3

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 4

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 5

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 6

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 7

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 8

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas, Membuat Cermin Hias 9


Mudah sekali kan cara membuat cermin bunga krisan dari sendok plastik ini. Cermin dari sendok plastik di atas hanyalah salah satu contoh kerajinan barang bekas saja. Masih banyak lagi contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang lainnya. Oke, selamat mencoba! (Lihat variasi cermin lainnya di sini)

**Bunga Kertas Dari Koran Bekas

3 comments:

Unknown said...

izin save gambar2 dan tutorial2nya ya min, sangat bermanfaat :) terimakasih

Unknown said...

izin save gambar2 dan tutorial2nya ya min, sangat bermanfaat :) terimakasih

Unknown said...

izin save gambar2 dan tutorial2nya ya min, sangat bermanfaat :) terimakasih

Custom Search