To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas
Custom Search

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas


Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Dari Kaleng Bekas. Kerajinan tangan dari bahan bekas bisa apa saja.

Kali ini yang kita coba buat adalah sebuah lentera unik dari kaleng bekas. Mungkin memang sederhana sekali, tapi kerajinan ini akan terlihat sangat indah bila sudah jadi.


Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng


Nah, di artikel kali ini kita akan mencoba menambah hiasan kerajinan dari bahan bekas berupa lentera unik dari kaleng bekas. Lentera-lentera ini nantinya bisa anda letakkan di halaman rumah dan anda akan mendapatkan sebuah pekarangan romantis.




Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Bahan Dan Alat


Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat lentera unik ini sangatlah mudah didapat antara lain yaitu :
  • Kaleng bekas, Paku, Palu, Kawat, Tang, Cat, Lilin

Semua bahan seperti misalnya kaleng bekas, paku, dan kawat bisa diperoleh di sekitar kita dengan mudah. Beberapa bahan mungkin harus kita beli, seperti misalnya cat.


Kerajinan tangan dari bahan bekas, cara pembuatan


Untuk membuat kerajinan tangan dari bahan bekas berupa lentera unik ini tidaklah sulit. Caranya sangat sederhana sekali. Namun tetap saja membutuhkan beberapa ide untuk mendesain gambar dan warnanya. Baik sekarang kita mulai saja praktek membuat lentera kaleng bekas ini. Berikut caranya membuat lentera unik :

    Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng
  1. Siapkan kaleng bekas berbahan aluminium atau seng. Gunakan ukuran sedang sesuai selera anda. Bisa menggunakan kaleng bekas cat, bekas makanan atau minuman, atau kaleng bekas yang lainnya.
  2. Bersihkan kaleng dari kotoran dan stiker atau label yang biasanya menempel di dinding kaleng. Bersihkan dengan hati-hati, jangan sampai merusak bentuk kaleng, nantinya akan mengurangi keindahan bentuknya.
  3. Buang tutup sisi kaleng bagian atas, dan biarkan bagian bawah (dasar) kaleng tetap ada.
  4. Isi kaleng dengan air sampai penuh.
  5. Masukkan kaleng yg berisi air ke dalam lemari pendingin (freezer) sampai air berubah menjadi es semuanya. Hal ini akan sangat membantu untuk menjaga bentuk kaleng tetap utuh pada proses selanjutnya.
  6. Keluarkan kaleng berisi es dari lemari pendingin.
  7. Buatlah sebuah lubang kecil pada sisi bagian atas kaleng dengan menggunakan paku dan palu.
  8. Buatlah sebuah lubang yang sama pada sisi seberang. Nantinya 2 lubang ini akan berfungsi untuk memasang gantungan kawat.
  9. Buatlah lubang-lubang kecil dengan bantuan paku dan palu membentuk sebuah gambar. Bisa gambar, tulisan, atau bentuk apa saja yang anda suka. Mungkin akan lebih baik jika anda menggambarnya terlebih dahulu dengan menggunakan pensil di kaleng, untuk mendapatkan hasil yang lebih indah.
  10. Setelah semua desain gambar selesai dan lubang-lubang sudah jadi, biarkan sejenak kaleng tersebut sampai es mencair semua.
  11. Keluarkan es dari kaleng dan keringkan kaleng tersebut. Usahakan benar-benar kering. Anda bisa menjemur di bawah sinar matahari.
  12. Setelah kaleng bersih, biasanya di bagian bawah kaleng ada bagian kaleng yang menonjol (penyok). Ini dikarenakan proses pembekuan dengan es sebelumnya. Tidak apa-apa, anda tinggal meluruskannya dengan memukul pelan-pelan saja dengan menggunakan palu.
  13. Nah sekarang waktunya untuk membuat gantungannya. Potonglah kawat sepanjang ± 30 cm. Gunakan kawat yg berukuran agak tebal agar lebih kuat.
  14. Masukkan masing-masing ujung kawat ke dalam lubang yg pertama kali anda buat, yang terletak di 2 sisi kaleng bagian atas.
  15. Bengkokkan masing-masing ujung kawat agar gantungan tidak terlepas.
  16. Sekarang warnai kaleng yang sudah jadi tersebut dengan warna pilihan anda. Anda bisa memakai cat besi, atau cat semprot.
  17. Jemur kaleng tersebut sampai kering.
  18. Setelah kaleng kering, masukkan sebuah lilin ke dalam kaleng.
  19. Lentera unik anda sudah siap digunakan.
  20. Nyalakan lilinnya. Jadi deh :)


Berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas berupa lentera dari kaleng bekas :

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 1
Siapkan kaleng bekas

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 2
Beri lubang untuk gantungan

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 3
Lubangi kecil-kecil dengan gambar/bentuk sesuai selera

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 4

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 5
Tambahkan kawat untuk gantungan

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 6

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 7
Cat warna-warni

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 8
Masukkan lilin ke dalam kaleng

Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas, Lentera Kaleng Bekas 9


**Alas Piring (Placemat) Dari Batu


Mudah sekali bukan cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas yang satu ini. Yang terpenting adalah anda memiliki ide berbagai bentuk gambar yang akan anda aplikasikan dalam bentuk lubang-lubang pada kaleng bekas ini. Anda bisa mencari ide gambar unik dan bagus dari berbagai sumber. Bisa dari majalah dan buku. Atau dari beberapa sosial media di internet seperti facebook misalnya.

Agar lebih indah, anda bisa membuat beberapa lentera sekaligus dengan kaleng berbagai ukuran dan dengan beragam gambar. Komposisi aneka lentera yang bervariasi tersebut akan sangat indah dilihat nantinya.

Lentera-lentera yang telah jadi bisa anda letakkan dengan cara digantung di teras rumah. Atau bisa juga dengan meletakkannya pada sebuah meja atau rak di halaman pekarangan rumah anda. Dan pada malam hari setelah lilin dinyalakan maka akan jelas terlihat keindahannya. Dengan sebuah kerajinan tangan dari bahan bekas sederhana halaman rumah anda bisa terlihat indah pada malam hari, selamat mencoba!

Incoming search terms :

cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas, kerajinan dari bahan bekas, contoh kerajinan tangan dari barang bekas, cara membuat kerajinan tangan dari koran bekas, membuat kerajinan tangan dari barang bekas, cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas, cara membuat tempat pensil dari barang bekas, cara membuat kerajinan tangan dari kertas bekas, cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas, kerajinan tangan dari bahan bekas

No comments: