Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Headboard Buku Bekas

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Headboard Buku Bekas. Pada artikel di bawah ini kita akan bersama membuat sebuah headboard tempat tidur unik dan mudah dari buku-buku bekas.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas


Kerajinan dari barang bekas ada bermacam-macam, terutama bahan pembuatannya. salah satu bahan bekas yang masih bisa kita manfaatkan yaitu buku bekas. Buku bekas pun ada banyak sekali jenis dan bahannya. Variasi yang paling terlihat adalah pada cover atau sampul depannya.

Ada banyak buku yang covernya terbuat dari kertas tipis biasa, tapi banyak juga cover depan buku yang berbentuk hard cover atau sampul dari kertas tebal. Buku yang bersampul kertas tebal biasanya adalah buku-buku lama atau buku jaman dahulu. Nah buku bekas jenis inilah yang akan kita manfaatkan kembali untuk bahan membuat kerajinan tangan dari bahan bekas.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Headboard Buku Bekas


Sudah ada banyak sekali cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang telah ditulis di beberapa artikel sebelumnya. Nah pada kesempatan ini kerajinan tangan dari bahan bekas yang akan kita buat kali ini adalah sebuah headboard tempat tidur yang sangat unik. Dan headboard yang akan kita buat ini terbuat dari beberapa buah buku bekas.

Nah mungkin masih ada yang belum tahu apa itu headboard. Headboard yaitu bagian dari tempat tidur atau dipan yang berada di bagian kepala. Biasanya berupa papan tinggi yang menempel di dinding.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Membuat Headboard Buku Bekas


Berikut ini trik mudah cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas berupa headboard tempat tidur dari buku-buku bekas :

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 1
Pertama silahkan cari buku-buku bekas. Yang paling mudah adalah pergi ke toko penjual buku bekas di pasar loak. Silahkan cari sebanyak mungkin buku bekas yang anda inginkan dengan jumlah secukupnya sesuai dengan besar headboard yang ingin anda buat.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 2
Kumpulkan buku-buku bekas tersebut. Sebisa mungkin cari buku bekas yang masih memiliki sampul depan. Dan usahakan buku-buku bekas tersebut sampul depannya berupa hard cover atau sampul yang tebal. Tujuannya agar supaya buku tersebut tidak mudah melengkung atau terlipat saat dipasang di headboard.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 3
Siapkan sebuah papan kayu tebal dengan ukuran yang menyesuaikan dengan besarnya tempat tidur di kamar anda. Jika papan kayu yang ada hanya berukuran kecil, anda bisa menyusun lebih dari 1 papan kayu.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 4
Berikutnya pasanglah papan kayu tebal tersebut di tembok bagian pada bagian kepala di tempat tidur anda dengan menggunakan paku.

Setelah itu jangan lupa beri tanda pada kayu, untuk menandai seberapa tinggi kasur anda. Karena bagian bawah dari kayu yang tertutup kasur tidak akan dipasang buku.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 5
Susunlah buku-buku bekas yang telah anda beli pada papan kayu dengan urutan atau susunan sesuai selera anda. Untuk lebih mempermudah, anda bisa melakukan bagian menyusun buku-buku pada papan ini sebelum papan dipasang di dinding.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 6
Dan salah satu cara yang bisa mempermudah pemasangan buku pada papan kayu adalah dengan memberi tanda urutan susunan buku pada kayu. Dengan cara memberi tanda buku mana yang akan dipasang di papan pada baris ke berapa.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 7
Setelah anda mendapatkan susunan atau urutan letak buku yang pas, silahkan buka buku yang akan dipasang. Buka buku pada halaman yang anda inginkan, lalu paku halaman tersebut pada papan kayu.

Setelah 1 halaman (sebelah kiri) terpaku pada papan, tempelkan halaman berikutnya pada halaman yang terpaku dengan menggunakan double tape. Tujuannya untuk menutupi atau menyamarkan halaman yang dipaku. Lakukan dan ulangi proses tersebut pada halaman sebelah kanan. Dan lakukan untuk semua buku yang akan dipasan di papan.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Headboard Buku Bekas 8
Nah setelah semua buku terpasang di papan kayu, maka headboard unik dari buku bekas ini sudah jadi. 


VIDEO

Video Cara Membuat Headboard Buku Bekas


Itulah sedikit trik sederhana cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas yaitu headboard tempat tidur dari aneka buku bekas. 
Semoga artikel kerajinan tangan dari barang bekas di atas bermanfaat.

gambar: pinterest.com

No comments:

Custom Search