Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak

Macam Kerajinan Tangan, Ide Kreatif Membuat Jalan Setapak Untuk Taman Rumah. Kerajinan tangan yang akan kita buat kali ini adalah kreasi membuat jalan setapak untuk taman rumah anda.

Bagi anda yang memiliki rumah dengan sebuah pekarangan baik di depan rumah maupun di belakang rumah, pasti ingin agar pekarangan rumahnya itu tampak menarik dan indah.


Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak


Sebagian besar orang membiarkannya begitu saja taman rumahnya sampai-sampai taman di halaman rumah itu berubah menjadi kebun semak belukar. Tampak kotor dengan bermacam tanaman semak belukar tumbuh di halamannya. Ada pula yang mencoba untuk menanaminya dengan berbagai macam tumbuhan yang tidak tertata rapi, sehingga taman tersebut menjadi kurang enak dilihat.

Ada juga sebagian orang yang membiarkan halaman rumahnya gersang begitu saja tanpa sedikitpun tanaman sebagai penghijaunya. Halaman seperti ini akan sangat berdebu pada saat musim kemarau. Dan akan sangat becek pada saat musim penghujan.



Macam Kerajinan Tangan, Ide Untuk Taman Rumah


Untuk membuat aneka kerajinan tangan penghias pekarangan rumah memang memerlukan ide yang kreatif. Ide-ide bisa kita dapatkan dari mana saja misalnya dari koran, majalah. Atau bisa juga dari internet atau dari berbagai sosial media seperti misalnya facebook, twitter, dll.

Dari mana pun ide yang didapatkan, yang terpenting adalah kita bisa mewujudkan atau membuat sesuatu dari ide tersebut. Juga akan jauh lebih baik bila dari ide-ide yang didapat tersebut lalu kita modifikasi dengan menggabungkan ide kreatif kita sendiri. Maka hasilnya juga akan jauh lebih memuaskan, karena sebagian idenya berasal dari kita sendiri.
Macam Kerajinan Tangan, Jalan Setapak


Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak


Sekarang kita akan mencoba membuat salah satu dari sekian banyak macam kerajinan tangan yang bisa dibut sendiri untuk menghias halaman rumah kita sendiri. Kali ini kita akan mencoba membuat pijakan untuk jalan setapak pekarangan rumah. Berikut ini cara pembuatannya.


Macam Kerajinan Tangan, Alat dan Bahan

  • Semen (bisa memakai semen berwarna), Pasir, Sekop kecil, Daun berukuran agak besar, Kardus bekas


Macam Kerajinan Tangan Dan Cara Pembuatannya


  1. Campurkan semen, pasir, dan air dengan takaran yang secukupnya. Usahakan jangan terlalu encer.
  2. Aduk dengan merata. Bisa menggunakan bantuan wadah agar tidak berceceran.
  3. Siapkan selembar kardus bekas sebagai alasnya. Bila tidak ada kardus bekas, bisa juga diganti dengan yang lain untuk alasnya.
  4. Letakkan selembar daun secara telungkup di atas lembaran kardus bekas. Bagian atas daun menghadap ke bawah (menghadap kardus). Bisa memakai daun talas, daun pepaya, atau jenis daun yang lain.
  5. Sedikit demi sedikit letakkan adonan semen ke atas daun. Lakukan pelan-pelan, usahakan agar adonan semen jangan sampai melebar melebihi ukuran daun. Buat agar ketebalan adonan cukup tebal kurang lebih 10 centimeter, atau sesuaikan dengan kekuatannya. Karena pijakan ini nantinya akan diinjak-injak, jadi pastikan semen akan cukup kuat nanti setelah kering.
  6. Jemur dan tunggu sampai sedikit agak kering ( setengah kering & masih agak lunak)
  7. Angkat dan balikkan dengan pelan.
  8. Tarik dan ambil pelan-pelan dan hati-hati daun yang menempel di semen. Pastikan jari-jari daun tercetak rapi pada semen.
  9. Jemur sampai benar-benar kering.
  10. Pijakan jalan setapak sudah jadi dan tinggal dipasang.
  11. Buat cekungan kecil dengan kedalaman secukupnya di taman pekarangan rumah anda. Jangan terlalu dalam, sesuaikan dengan ketebalan pijakan.
  12. Letakkan pijakan semen yang sudah jadi di atas cekungan.
  13. Rapikan tanah di sekitar pijakan dengan rumput.
  14. Kerajinan tangan pijakan unik sudah jadi.

Berikut ini gambar tutorial cara membuat macam kerajinan tangan jalan setapak untuk taman :

Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak 1

Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak 2

Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak 3

Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak 4

Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak 5

Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak 6

Macam Kerajinan Tangan, Membuat Jalan Setapak 7


Tidak terlalu sulit bukan cara membuat kerajinan tangan yang satu ini. Yang perlu diperhatikan adalah perbandingan adonan semen, pasir, dan air agar hasil akhirnya pijakan benar-benar kuat untuk dipijak dan menopang berat badan orang dewasa.

Satu lagi masukan yaitu untuk daun yang dipakai. Bila tidak ada daun talas, kita juga bisa menggantinya dengan daun yang lain untuk mendapatkan hasil kreasi lain. Mungkin bisa menggunakan daun pepaya, daun pisang, atau daun yang lainnya. Yang penting adalah daun tersebut memiliki jari-jari yang cukup jelas agar bisa tersecak dengan bagus di permukaan semen pijakan.

Nah bila anda mau, anda juga bisa mencari ide-ide lain sebagai ganti alas daun yang digunakan. Anda bisa mencari berbagai barang atau benda lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih bervariasi. Intinya adalah di sini anda bebas untuk berkreasi menciptakan macam kerajinan tangan lainnya. Selamat mencoba!

**Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

No comments:

Custom Search