To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis Sendiri

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis Sendiri

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis Sendiri. Mungkin anda adalah seorang guru di sebuah Sekolah Dasar yang sering membuat aktivitas untuk anak didik anda.

Walaupun mungkin banyak sekali jenis kegiatan anak-anak yang bisa kita lakukan untuk mengisi jam pelajaran keterampilan . Namun tidak jarang bukan kita kehabisan ide untuk membuat sebuah aktivitas keterampilan anak? Ya itu bisa terjadi pada siapa saja.


Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis


Sekarang kita akan membuat kerajinan untuk anak SD berupa Kaos Lukis unik. Kalau biasanya kita menjumpai berbagai macam kaos lukis yang benar-benar dilukis secara profesional, kali ini kita akan membuat sebuah kaos lukis yang dilukis oleh anak-anak sendiri.

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis SendiriTentu saja kaos lukis anak ini hasilnya mungkin tidak akan semulus dan sesempurna kaos lukis buatan para pelukis yang sudah jago. Tapi yang pasti kita akan mendapatkan berbagai kaos lukis dengan hasil yang sangat khas anak-anak, lucu, jujur, menarik, dan unik tentunya.


Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Kaos Lukis Dan Cara Membuatnya


Baiklah sekarang kita mulai saja cara membuat kerajinan tangan untuk anak SD berupa Kaos Lukis unik ini. Berikut ini adalah bahan yang dibutuhkan.


Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Alat dan Bahan :


  • Kaos putih polos (baru atau bekas), Krayon warna, Kertas ampelas, Seterika.



Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Cara Membuat:


  1. Ambil sebuah kertas Ampelas. Tahu kan apa itu kertas ampelas? Ya, kertas ampelas adalah kertas dengan salah satu permukaan kasar seperti pasir yang sering digunakan untuk menghaluskan sesuatu, biasanya dipakai oleh para montir bengkel atau tukang kayu.
  2. Bisa memakai ampelas dengan berbagai tingkat kehalusan. Semua boleh dicoba.
  3. Lukislah permukaan kertas ampelas yang kasar dengan menggunakan pensil krayon. Lukisan bisa berbentuk apapun dengan warna apapun sesuai selera. Yang perlu diperhatikan adalah lukisan ini nantinya akan terbalik, karena akan ditempelkan di kaos dengan sisi kasar di bagian bawah. Jadi harap diingat bahwa sisi kanan akan terbalik menjadi sisi kiri, dan sebaliknya.
  4. Setelah lukisan selesai, usahakan untuk menebalkan lagi ulasan warna krayonnya. Bisa dengan cara diulang-ulang beberapa kali sampai warnanya agak tebal.
  5. Siapkan sebuah kaos polos. Usahakan untuk memakai kaos yang berwarna putih polos agar mendapatkan hasil lukisan yang lebih variatif dan cerah.
  6. Letakkan kaos secara melebar (dihamparkan)
  7. Letakkan kertas ampelas yang telah dilukis ke permukaan kaos secara terbalik (bagian halus ada di atas).
  8. Letakkan pula sebuah kertas koran atau kertas apapun di dalam kaos, tepat di bawah kertas ampelas yang akan diseterika. Ini untuk mencegah warna krayon meleleh mengenai bagian dalam kaos.
  9. Letakkan juga sebuah kertas di atas kertas ampelas yang akan diseterika. Ini untuk melindungi permukaan seterika agar tidak rusak tergores-gores kertas ampelas.
  10. Seterika dengan hati-hati selama kurang lebih 30 detik. Gunakan panas sedang (cotton).
  11. Setelah dirasa cukup, angkat seterika secara perlahan.
  12. Biarkan sejenak agar panasnya kertas sedikit berkurang.
  13. Buka kertas ampelas secara perlahan mulai dari bagian ujungnya. Bila dirasa krayon kurang menempel, bisa diseterrika ulang sedikit lebih lama lagi.
  14. Tempelkan sebuah kertas atau tissue yg agak tebal ke permukaan lukisan. Ini berguna untuk mengangkat sisa-sisa lelehan krayon yang berlebihan.
  15. Angin-anginkan kaos sebentar.
  16. Jadilah sebuah kaos lukis unik khas anak-anak :)


Berikut gambar cara membuat kerajinan tangan kaos lukis untuk anak-anak :

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis Sendiri 1
Buat lukisan di bagian kasar kertas ampelas

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis Sendiri 2
Letakkan di kaos secara terbalik (lukisan menghadap ke bawah

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis Sendiri 3
Seterika kertas ampelasnya (tambahkan kertas untuk alas)

Kerajinan Tangan Untuk Anak SD, Membuat Kaos Lukis Sendiri 4
Kaos lukis buatan sendiri sudah jadi :)


Nah mudah sekali kan untuk membuat kerajinan kaos lukis untuk anak. Tapi walaupun begitu, tetap perlu sedikit perhatian dari para orang tua maupun guru. Terutama pada saat menyeterika kaos, karena seterika yang panas akan sedikit berbahaya untuk anak bila tanpa pengawasan.

Dengan cara yang telah diajarkan di ataspun para orang tua dan guru tetap saja masih bisa berkreasi sendiri dengan anak-anak. Biarkanlah anak-anak mencoba sendiri memakai kertas ampelas dari yang halus sampai yang paling kasar, karena hasilnya akan berbeda. Para orang tua bisa memberikan ide lukisan bagi anak-anaknya. Nah, kalau sudah jadi tinggal dipamerkan deh karya Kaos Lukis unik kerajinan tangan untuk anak SD ini pada teman-temannya yang lain.

**Aneka Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

No comments:

Custom Search